Olahraga

Bak Jatuh Tertimpa Tangga, Nasib Duo Menara Reborn China Terancam Gagal Lolos Olimpiade Paris 2024

×

Bak Jatuh Tertimpa Tangga, Nasib Duo Menara Reborn China Terancam Gagal Lolos Olimpiade Paris 2024

Sebarkan artikel ini

BinjaiNews – Masa depan karier pasangan yang akrab dijuluki Duo Menara Reborn dari Negeri Tirai Bambu terus menemui hantaman keras jelang Olimpiade Paris 2024.

Kegagalan di pentas All England Open 2024 pekan lalu, membuat posisi mereka semakin runyam dalam mengamankan spot menuju ajang pesta akbar multievent empat tahunan di musim panas tersebut.

Liu/Ou sudah dua kali beruntun menderita early exit, satu lagi ketika mentas di French Open 2024.

Dua-duanya kalah di babak 16 besar.

Kekalahan demi kekalahan itu menambah merah rapor mereka tahun ini yang belum juga berhasil merengkuh gelar juara sejak Hylo Open 2023 (Super 300).

Dalam fase yang terlihat terus menukik tajam, nasib Liu/Ou juga sering apes bila berhadapan dengan kompatriot mereka sendiri, He Ji Ting/Ren Xiang Yu.

He/Ren yang notabene pasangan racikan baru China, sudah tiga kali mengalahkan Liu/Ou.

Dan semuanya terjadi di turnamen-turnamen bergengsi, Kumamoto Masters 2023, China Masters 2023 dan Malaysia Open 2024.

Hal itu membuat posisi mereka di peringkat dunia bahkan kini cuma berselisih dua setrip dengan He/Ren.

Dalam fase-fase krusial itu, rentetan kekalahan dan mulai dikejar teman sendiri, membuat Liu/Ou terancam gagal lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Pasalnya, sekarang ini posisi mereka di ranking kualifikasi alias Race to Paris sudah turun ke peringkat 8.

Setiap negara hanya bisa mengirimkan dua pasangan ganda ke Olimpiade, dengan syarat kedua pasangan tersebut berada di ranking 8 besar.

Yang mana, di atas Liu/Ou sudah ada junior mereka, Liang Wei Keng/Wang Chang yang sudah menggaransi tiket pertama.

Harusnya, Liu/Ou mengamankan tempat di 8 besar bila ingin tampil di Adidas Arena, Prancis, pada musim panas nanti.

Namun, kalkulasi mereka lolos kini makin tipis.

Sebab mereka tidak mendaftarkan diri ke Swiss Open 2024 yang bergulir pekan ini. Nasib mereka terancam dua pasangan negara lain yang tengah mengejar tiket Olimpiade.

Yakni Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana yang berusaha menyusul Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, serta Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan) yang berpotensi naik peringkat jika mampu meraih hasil bagus di Swiss.

Karena tidak mengikuti sisa turnamen di Eropa, kesempatan terakhir Liu/Ou kini hanya ada di Kejuaraan Asia 2024 yang juga menjadi turnamen terakhir sebelum ditutupnya periode Kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Kejuaraan Asia 2024 akan bergulir pada 9-14 April 2024 di Ningbo, China. Liu/Ou wajib paling tidak memijak babak semifinal jika ingin menghidupkan asa ke Olimpiade Paris 2024.

Akan tetapi, perjuangan Liu/Ou juga tak akan mudah meski tampil di depan publik sendiri.

Duo Menara Reborn akan bersaing dengan tiga pasangan rekan sendiri yakni Liang/Wang, He/Ren dan satu lagi pasangan muda Chen Bo Yang/Liu Yi. Mereka semua memenuhi kuota untuk tampil dan bersaing merebut gelar di panggung bergengsi level tertinggi Asia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *