Lowongan Kerja External Collaborator – Youth Led Innovation (YIL) Lab: Pilot Green Entrepreneurship Save the Children

Lowongan Kerja 2022 : External Collaborator – Youth Led Innovation (YIL) Lab: Pilot Green Entrepreneurship

Company: Save the Children

Job description: Scope of Work

External Collaborator Youth-led Innovation (YIL) Lab:

PILOT Green Entrepreneurship

DI INDONESIA

Latar Belakang Kegiatan

Pandemi covid-19 muncul bersamaan dengan peningkatan risiko lingkungan dan juga memberikan dampak negatif pada pasar tenaga kerja karena banyak perusahaan yang harus beradaptasi dengan dampak pandemi. Guna mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus menuju “Green Economy” atau ekonomi hijau dan digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi prioritas utama pemerintah Indonesia untuk mengurangi pengangguran. Hal ini didukung bahwa UMKM membentuk 99% bisnis Indonesia dengan menghasilkan lebih dari 60% PDB Nasional. Oleh karena hal tersebut, UMKM memiliki potensi yang baik untuk menawarkan pekerjaan bagi anak muda yang rentan. Karena sebagian besar UMKM menggunakan sumber daya lokal dan tentunya mereka memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Penting juga untuk mendorong UMKM untuk melakukan digitalisasi produknya agar dapat dijual secara offline maupun online di berbagai Marketplace yang ada di internet. Digitalisasi bagi UMKM juga semakin didesak karena dampak dari pandemi covid-19. Para pelaku usaha UMKM harus berjuang dan beradaptasi dengan pergeseran ekonomi dan konsumen. Digitalisasi UMKM juga sejalan dengan proyeksi dari Pemerintah Indonesia Low Carbon Development Initiative (LCDI) yang memperkirakan bahwa transisi ke ekonomi hijau tidak hanya akan membantu mengurangi dampak perubahan iklim namun juga akan menawarkan kemungkinan menciptakan 15,3 juta lapangan pekerja baru pada tahun 2045.

Potensi besar UMKM di atas juga menjadi kesempatan bagi kaum muda untuk terlibat menjadi seorang wirausaha. Namun, perkembangan menjadi seorang wirausaha anak muda di Indonesia masih memiliki tantangan. Beragam tantangan menjadi pengusaha anak muda adalah pola pikir budaya negatif, pandangan umum terkait menjadi wirausaha apakah merupakan pekerjaan yang layak dan menjanjikan atau tidak, serta kurangnya dukungan pengembangan usaha. Persepsi negatif tersebut tidak hanya dimiliki oleh remaja itu sendiri, namun juga oleh orang tua, keluarga, dan masyarakat. Sehingga, hal tersebut menyebabkan kurangnya dukungan bagi mereka yang ingin menempuh jalur wirausaha. Sebenarnya, pikiran negatif tersebut bersumber dari kurangnya pengetahuan tentang bagaimana menghasilkan ide bisnis, bagaimana cara memperoleh keterampilan kewirausahaan dan bisnis, serta kesulitan mengakses modal awal untuk bisnis baru.

Guna menjawab tantangan anak muda yang memiliki minat berkarir di wirausaha. Maka, Save the Children Indonesia melalui program Skill to Succeed membuat pilot kegiatan Youth-led Innovation (YIL) Lab di Kota Surabaya Jawa Timur. Kegiatan tersebut akan memberikan pelatihan dan pendampingan bagi anak muda (18-24 tahun) untuk menciptakan ide bisnis ramah lingkungan dengan tahapan sebagai berikut: * Promosi Event Youth-led Innovation Lab: melalui sosial media

  • Seleksi peserta : mengisi formulir dan pembuat video (online/offline)
  • Booth-camp: Penguatan kapasitas tim anak muda untuk menciptakan ide bisnis ramah lingkungan

Rangkaian kegiatan pilot YIL dilaksanakan mulai bulan Agustus hingga Desember 2022. Untuk mengenalkan kegiatan YIL kepada para anak muda khususnya yang tinggal di Kota Surabaya dan sekitarnya, maka di diperlukan design rangkaian kegiatan dari promisi sampai ke booth-camp dimana pada tahap promosi akan diadakan kegiatan webinar yang bertajuk Youth-led Innovation (YIL) Lab 2022 “Encourage Young People to Create Green Business Ideas”. Selain sebagai media promosi kegiatan YIL, webinar ini akan memberikan pengetahuan kepada para peserta terkait “Green Living” dan Kewirausahaan di usia muda. Webinar ini akan dipromosikan melalui instagram Children and Youth Advisory Network (CYAN) Save the Children Indonesia agar dapat menjangkau lebih banyak kaum muda.

Paska webinar di sesi promosi, akan dilanjutkan dengan pendaftaran dan dilanjutkan dengan sesi-sesi yang dikemas dalam serial booth-camp. Pada serial booth camp, selain akan di fasilitasi oleh staf Save the Children juga akan di fasilitasi oleh External Collaborator. External Collabolator akan mulai bekerja pada 15 Oktober-15 November 2022. * Target Peserta Booth Camp

  • Jumlah peserta webinar adalah 40 orang anak muda (18-24 tahun) diutamakan yang berdomisili di wilayah Kota Surabaya Jawa Timur.
  • Memiliki minat belajar kewirausahaan dengan tema ekonomi hijau.
  • Mengisi formulir pendaftaran melalui online.

Tujuan Kegiatan * Mengenalkan kegiatan Youth-led Innovation Lab 2022 kepada anak muda Indonesia secara online.

  • Memberikan pengetahuan kepada para peserta webinar terkait materi “Green Living” yaitu mitigasi dan adaptasi dari perubahan iklim yang memberikan dampak pada kehidupan sehari-hari terutama dalam kegiatan perekonomian masyarakat.
  • Berbagi wawasan tentang cara membangun bisnis pada usia muda dan mentalitas yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha, serta mendorong anak muda membangun bisnis ramah lingkungan.
  • Mengajak para peserta webinar yang berdomisili di Kota Surabaya dan sekitarnya untuk mendaftar dalam kegiatan Youth-led Innovation Lab 2022.
  • Bagi anak muda yang terpilih, akan mengikuti sesi-sesi selanjutnya yang di kemas dalam serial booth camp.

Deliverable External Collaborator

Menyampaikan materi-materi di bawah ini dalam booth camp (sesuai dengan jadwal)

  • Dasar Bisnis & Value bisnis (Bisnis hijau dll) =

Memahami “WHY” dalam memulai bisnis agar bisnis bisa menyelesaikan sebuah masalah banyak orang, bukan hanya diri sendiri * Keuangan =

Memahami keuangan dasar untuk menyusun rencana bisnis jangka panjang serta menentukan OPEX * Cara membuat pictch deck =

Menyusun presentasi yang baik dan memasukan data” yang diperlukan dalam pitching * Cara Pitching =

Cara presentasi yang baik serta meningkatkan kepercayaan diri * Pitching Day dan Awarding

Expected salary:

Location: Jakarta Selatan

Job date: Thu, 29 Sep 2022 03:59:19 GMT

Kirim CV Sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *